header-int

PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH CABANG LAMONGAN

Posted by : Administrator
Share

Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cabang Lamongan yang terletak di Utara Monumen Kadet Suwoko Lamongan. Panti asuhan muhammadiyah lamongan digagas dan didirikan oleh Drs. H. Mokh. Syukron. Pada tanggal 17 Agustus 1985 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 40 resmi terbentuk. Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cabang Lamongan adalah merupakan bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah yang bergerak dalam Bidang Sosial. Keberadaan Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cabang Lamongan adalah merupakan:
1.    Perwujudan dari pada rasa tanggung jawab terhadap amanat Allah SWT sebagaimana yang telah difirmankan didalam Al Qur’an Surat Al Maun ayat 1-3.
2.  Perwujudan dari pada rasa tanggung jawab Ummat Islam didalam usaha membantu program Pemerintah untuk mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat.

 

Keberadaan Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cabang Lamongan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga setiap tahun jumlah anak-anak yatim, piatu, yatim piatu dan terlantar yang diserahkan terus meningkat. Pada saat Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cabang Lamongan didirikan pada tahun 1985 jumlah anak yang diasuh sebanyak 15 anak dan pada tahun 1993 jumlah anak yang diasuh seanyak 92 anak yang terdiri dari 52 anak putra dan 40 anak putri. Hingga pada tahun 2022 ini, jumlah anak yang diasuh sebanyak 160 anak. Asal daerah anak asuh bukan hanya dari lamongan saja, tetapi ada juga yang dari luar kota (gresik, tuban, bojonegoro, mojokerto) bahkan luar pulau (bali, dsb.)Megingat keterbatasan dana, sarana dan prasarana, maka penerimaan anak asuh setiap tahun jumlahnya dibatas, sehingga banyak diantaranya dengan sangat menyesal tidak dapat diterima. Tanpa partisipasi dari segenap kaum muslimin maka pengelolaan Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cabang Lamongan tidak dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
 

Anak-anak yatim, piatu, yatim piatu dan terlantar adalah merupakan bagian dari anak-anak pada umumnya sebagai generasi penerus masa depan Ummat Islam dan Bangsa Indonesia. Mereka harus diasuh, dididik dan dibina agar kelak dapat menjadi manusia yang berguna bagi Agama, Bangsa, dan Negara. Teriring ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dan sedalam-dalamnya kepada semua fihak yang telah memberikan dukungan dan bantuannya, sehingga Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cabang Lamongan dapat didirikan dan dikelola dengan sebaik-baiknya.
 

Guna meningkatkan kwalitas dan kwantitas panti asuhan, maka Pengelolaan Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cabang Lamongan, tidak hanya terbatas pada usaha pengentasan terhadap anak asuh, akan tetapi telah diarahkan kepada kehidupan pondok pesantren untuk mencetak Kader-Kader Pemimpin, Ulama, Dan Mubaligh. Dari mereka diharapkan akan menjadi kader-kader penerus yang akan melanjutkan estafet perjuangan Ummat Islam dan Bangsa Indonesia.
Cita-cita yang besar itu tidak akan terwujud, tanpa adanya kerja sama dan bantuan dari semua fihak baik berupa tenaga, fikiran, dan dana. Semoga Allah SWT senantiasa mengabulkan dan meridhoi apa yang dicita-citakan. Semoga amal baik dari semua fihak, senantiasa mendapatkan pahala dan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT.

 


PROGRAM PANTI ASUHAN YATIM MUHAMMADIYAH CABANG LAMONGAN 


1.    Program Pengentasan :
Mengentas anak asuh dari kehidupan yang tidak mampu (miskin) menjadi mampu, dapat hidup mandiri ditengah-tengah masyarakat, dengan tidak lagi menggantungkan hidupnya kepada oran lain.
a.    Menckupi kebutuhan jasmani dan rohani. Makan, pakaian, ketentraman hidup.
b.    Mencukupi kebutuhan Pendidikan :
-    Sekolah luar biasa
-    Sekolah dasar / Madrasah Ibtidaiyah
-    Madrasah Tsanawiyah
-    Madrasah Aliyah / SMEAM
c.    Mencukupi kebutuhan Pembinaan. 
d.    Mencukupi kebutuhan Kesehatan. 
Rujukan ke Puskesmas, Balai kesehatan Muhammadiyah.
e.    Mencukupi kebutuhan Ketrampilan. 
Elektro, komputer, menjahit, sablon, menyulam, melukis, kaligrafi, membuat tas, peternakan ayam dan kambing dll.
f.    Mencukupi kebutuhan Emosional.
Menyalurkan bakat yang dimiliki anak asuh : Sekolah sepak bola, latihan Mubaligh, Qiro’ah, pertukangan dll.

 

2.    Program Kaderisasi :
a.    Kaderisasi Pemimpin    : Latihan Kepemimpinan Aktif organisasi pelajar.
      Imaratus Su’unit Tholabah (IST)
      Ikatan Pelajar Muhammadiyah Al Mizan
b.    Kaderisasi Ulama    : 
-    Menggunakan sistim Pondok Pesantren
-    Dikirimkan kepondok pesantren Gontor Ponorogo (putra), Pondok pesantren Gontor putra Kediri, pondok pesantren Gontor putri Mantingan dan Pesantren Tinggi Ilmu Fiqih dan Dakwah Manarul Islam Bangil.
c.    Kaderisasi Mubaligh    : 
-     Latihan Muhadhoroh/berpidato.
-    Latihan Kerja Lapangan (LKL) yaitu diterjunkan berdakwah ke desa-desa, setiap tahun saat liburan panjang, pada bulan Romadhon.
-    Latihan Kuliah tujuh menit (Kultum) secara rutin secara bergiliran antar anak asuh.

 

3.    Program Dakwah Islam :
a.    Dakwah bil Lisan :
-    Mencetak kader-kader Da’i / Mubaligh. 
-    Menerjunkan Mubaligh kedesa-desa.
-    Pengadaan pengajian-pengajian
b.    Dakwah bil Hal
-    Menampung anak-anak yatim, piatu, yatim piatu, dan anak-anak terlantar serta penyandang cacat : cacat mental, tuna rungu wicara, dan I.Q rendah.
-    Mengasuh, mendidik dan membina agar dapat hidup mandiri ditengah-tengah masyarakat.

 

 

Panti Asuhan & Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan Panti Asuhan & Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan | Jl. Jendral Sudirman No. 01 Lamongan
© 2024 Panti Asuhan & Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan Follow Panti Asuhan & Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan : Facebook Twitter Linked Youtube